MERPATI BALAP






Jumat, 07 Januari 2011

MERPATI BALAP

BISMILLAH.. 
MUSAFIR TEAM  MERPATI BALAP BIRD FARM
PALUR, SOLO, JAWA TENGAH, INDONESIA
Al-Jazira ( Ring : Kelana 714 BDG )
Alhamdulillah segala puji bagi Alloh Rabb semesta alam yang telah memberikan kekuatan kepada kami sehingga dapat menulis dalam blog ini. Kami adalah penggemar merpati balap yang berada di Solo bagian timur. Gemar memelihara hewan piaraan memang telah menjadi hoby kami sejak kecil, terutama pada ayam, merpati dan  kicauan. Pada skitar tahun 1999 kami mulai menggemari terkhusus merpati balap yang pada waktu itu sangat nge-trand sehingga di persawahan dekat tempat tinggal kami pun dijadikan Lapak untuk latihan merpati balap, yakni  dipersawahan Palur Mojolaban Sukoharjo diantara markas asrama Brigif VI dan asrama Yonif 413 Bremoro.
Pada waktu itu kami hanya bermain di tingkat lokal saja sih sehingga belum mempunyai jagoan yang ternama seperti Khayana, Leonard , Sang-sang, dll. Hehe…Walo hanya ditingkat lokal itupun kami hanya berhasil mendapat prestasi dua kali dengan jagoan pada waktu itu bernama Mawar  yang diperoleh dari Pak Mi'at Madura yang konon katanya masih trah Putri Ayu. Prestasi itu didapat pada lomba lokal Karanganyar dengan mendapat Juara 2 dan pada lomba local Karang Malang Cup Sragen mendapat Juara 3.
Namun kemudian setelah berjalan beberapa tahun karena sesuatu hal kami mengundurkan diri untuk vacuum dari dunia MB, dan kami berniat menjual MB² kami lewat perantara seorang teman yang katanya sanggup menjualkan. Ehh apa boleh dikata ternyata malah " dibladatne "…hehehe…yah gak mengapa lah mungkin belum rizky…
Akhirnya sekitar bulan Agustus 2010 minat kami pada MB mulai hinggap kembali sehingga kami mulai mengadakan perburuan bibit-bibit MB yang berkualitas untuk kami jadikan indukan dan jagoan. Alhamdulillah kami berhasil mendapatkan beberapa MB dari kandang Bianglala BF Solo milik salah seorang teman bermain dulu yakni Bpk. Handoko lewat pemeliharanya Mas Bagong. Selain itu kami juga mendapat beberapa MB dari teman kami mas Jarot di Kartasura.
MB² yang berhasil kami boyong diantaranya dari trah² keturunan : Kelana Bandung, Prima Otiam Bandung, Bias Jakarta, Orlando Solo, Pesona Solo, Roda Gila-AMN Solo ( Pak Amin Madura), Krueng Madura, Teroris Madura, Aksi Boyolali, Akas Probolinggo, Top Song Klaten, Master Solo.
Karena keseriusan niat kami untuk kembali di dunia MB yang bertaraf nasional pada bulan Desember 2010 kami membentuk sebuah team yang bernama Musafir Team dengan beranggotakan 6 orang yakni Anom Setyoko, Agus Setiawan, Parno, Nur Wibowo, Ary Try Prasetyo, Agung. Pada saat ini kami berusaha Breeding dan baru memiliki beberapa piyik yang mulai latih terbang dan beberapa lagi yang telah selesai rampas namun masih " dandani "/ dalam taraf perbaikan kembali karena juga sudah beberapa lama tidak terbang.
Saran-saran dari para senior sangatlah kami harapkan agar kami mampu untuk bersaing di medan laga Tanah Air ini. Trima kasih.

Bismillah...Alhamdulillah segala puji bagi Alloh yang telah memberikan kemudahan dalam urusan kita. Alhamdulillah pada hari ahad 16 Januari 2011 kami diberi kemudahan oleh Alloh Ta'ala untuk berkunjung dan belajar di kandang senior MB tanah air yaitu Khayana Team C-HO di Surabaya. Suatu kebanggaan bagi kami dapat belajar langsung dari sang maestro pakar MB tanah air Koh Cong Ho..Dan tidak mengira ternyata  kami masih ada keterkaitan saudara dari pihak ibu sehingga kami dihadiahi oleh Koh Cong Ho be
berapa MB untuk dijadikan bibit bagi team kami.
 Musafir Team Colection :
Suasana kandang burung C-HO Surabaya







 Sedang Mencoba Merpati Balap trah C-HO










makita 387 ppmbsi 2010 trah marlon

Nama : Sakinah
  Ring : C-HO CRB657
  Bapak : Raja Singa
  Ibu : Anak Singa Laga


Asegab
PERAWATAN MERPATI BALAP

Rutinitas:

- Sabtu malam minggu cabut telor
-  Minggu biarin aja di kandang biar adaptasi setelah cabut telor (jangan diumbar).
-  Senin pagi burung dimandikan dan dijemur setelah itu masukin lagi ke kandang dan beri makan. Senin sore/ malam burung di sepet jamu.
-  Selasa pagi biarkan burung di kandang, kalo bisa jangan dijemur (efek panas khasiat dari jamu). Selasa malam (habis magrib) burung di krekep dalam gupon. Selasa malem kasih livron B-plek 1 butir.
-  Rabu pagi mandikan burung dan jemur, setelah itu beri makan minum biarkan kawin bentar trs krekep lagi dalam gupon. Sore hari keluarkan skitar 1 jam untuk makan, minum, dan kawin setelah itu krekep lagi dalam gupon. Rabu malem kasih glintiran.
-  Kamis pagi mandikan burung, jemur, beri makan lalu krekep lagi (jangan sampe kawin). Siang/ sorenya siap dimainkan. Setelah latih beri makan minum dan biarkan kawin lalu krekep lagi.
-  Jumat, Sabtu, Minggu idem sama hari kamis. Kamis, jumat, sabtu, kasih glintiran
-  Setelah itu biarkan burung istirahat mengeram telor...dan seterusnya.

Ini jamu gelintir yang biasa saya pakai, tp silahkan diramu sendiri yah.. 
1) Yosem : 1/2 ons (atau cari yg bubuk) 
2) Kolesom : 1 gram 
3) Sarang burung walet: 3 mangkok 
4) kunyit bubuk : 1 ons 
5) Temu lawak : 1/2 ons (bubuk) 
6) Temu ireng : 1/2 ons (bubuk) 
7) Kuda laut : 3 biji (ditumbuk halus) 
8) Temu kunci : 1/2 ons (bubuk) 
9) Telor bebek : 9 biji (putih jgn dibuang utk meleketkan) 
10) Tienjik powder : 1 botol 
11) ginseng Royal jelly: 3 btl 
12) Madu : 3 sendok 

Semua dihaluskan dan dicampur jadi satu... buat plentiran kecil2 sebesar jagung utk jamu terbang, berikan selesai dilatih + livron B-plek ½ 

CABUT TELOR : 
1. SPET : air perasan kunyit 4 sendok makan bisa lebih tergantung burung, 1 sendok teh kencur, 1 sendok teh temu kunci, 1 sendok teh sakatonik liver, 1/2 botol royal jeli ginseng. 

2. setiap jemur pagi antara jam 7 - 10 beri makan kacang tanah 7 (tujuh) butir, kemudian beri makan jagung, kacang hijau, beras merah dan kedelai ditempat makannya. 

3. beri minyak ikan 2 hari sekali + kalsium 1/4 selama mengeram dan hari selasa setelah cabut telor. 

4. Hari kamis - senin pada saat dijemur menjelang dilatih beri yansen bubuk + kuning telor bebek yang sudah diramu bentuk butiran kecil2 sebesar biji kacang hijau, beri satu butir sebagai penguat nafas.

5. Pemberian minum dilapangan jgn dibatasi karena ciri2 burung sehat dan siap tempur minum akan berhenti sendiri bila merasa cukup dan kotorannya keras yang menandakan merpati tersebut sudah siap untuk dilombakan. 
6. Jgn sekali - kali mengikutkan lomba, burung yang kotorannya pada saat dilapangan main keluar air / mencret. 

7. Setelah bertelor tetap dispet seperti diatas. 

8. Hari rabu malam sebelum kamis dilatih beri livron B-plek setengah. 

9. Setelah digojlok hari senin beri tie ta wan sebesar jagung + livron 1/2 utk mengembalikan setamina. 

10. Setiap habis dilatih tetap diberi jamu untuk terbang (gelintiran).

Mengeram : 
1. Setiap pagi tetap lakukan penjemuran antara jam 7 - 10 dgn diberi kacang tanah 7 (tujuh) butir. 
2. Beri kalsium 1/4 + minyak ikan 2 hari sekali jantan dan betina. 
3. Untuk betina geberan pemberian minyak ikan setiap hari lebih baik, kecuali pada saat dilatih betina geberan diberi kalsium 1/4 setiap hari (kamis - senin) 

SEMOGA BERMANFAAT……
***Musafir Team***

4 komentar:

  1. bos aku pemula nie,
    mo tanya, aku punya anakan balap bulu masih 4 ler, udah bertelur 1 kali, gimana biar merpatiku ini biar cepet keplek dan keket nya maksimal,,,
    jawab ya bos, makasih

    BalasHapus
  2. kami masih pemula...perawatan biasa yg kami lakukan,jantan+betina dikrekep/dimasukan dalam pagupon klw g keket maksimal bsa jga g cocok ma betinane

    BalasHapus
  3. permisi gan mau tnya gmna carany biar betina bertelurny rutin tiap mnggu.. bls y gan suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betina dijaga kesehatannya..sering diberi asinan(bisa dari kulit telur yg dah kering,pecahan bata merah to pasir to vitagrid)

      Hapus